3 Kebaikan Bergabung dengan Komunitas Blogger Pontianak

BAHRULILMI.COM – Komunitas Blogger Pontianak. Meski namanya baru didengungkan beberapa waktu terakhir, namun komunitas ini sudah ada sejak lama. Hanya saja menggunakan nama yang berbeda. Jauh sebelum dikenal sebagai kumpulan Blogger Pontianak, para blogger Kota Khatulistiwa ini menggunakan nama BLETER. Kalau saya tidak salah, itu merupakan kepanjangan dari BLoggEr dan netTER. Pada akhirnya perkumpulan tersebut menjadi Komunitas Blogger Pontianak.

Komunitas Blogger Pontianak

Komunitas Blogger Pontianak via BloggerPontianak.id

KBP, memberikan banyak pengalaman terhadap diri saya pribadi. Sejak pertama kali bergabung dengannya pada tahun 2011 yang saat itu masih menggunakan nama BLETER, saya mulai berteman dengan satu persatu anggotanya di sosial media, dimulai dari Nyiayu Olivia Nurul Hillary (Kak Oliv, Viapuccino), baru kemudian ketuanya, Dwi Wahyudi (Bang Dwi, BloggerBorneo). Siapa sangka, informasi yang saya dapatkan dari seorang guru Bahasa Inggris di SMA, mebawa saya mengikuti perjalanan para Blogger Pontianak hingga saat ini.

Dalam waktu kurang dari enam bulan, blog pertama saya yang saat itu dibuat karena iseng dan masih menggunakan layanan blog mobile gratis, naik kelas menggunakan layanan blog miliki Google, Blogger. Dengan akhiran (dot)blogspot(dot)co(dot)id. Beberapa bulan kemudian, tepat pada bulan keenam di tahun 2012, lewat saran dari Rohani Syawaliah (Kak Hani, Honeylizious), saya mengganti domain blog saya itu dengan domain berbayar yang menggunakan (dot)com dibelakang namanya.

Selain beberapa hal yang saya ceritakan di atas, masih ada kebaikan lainnya yang bisa didapatkan ketika bergabung bersama Komunitas Blogger Pontianak.

#1 Saling Berbagi Pengalaman Ngeblog

Ajang kumpul bersama atau sering kita sebut dengan kopdar blogger, dimaksudkan untuk banyak hal. Salah satunya berbagi pengalaman ngeblog dengan blogger-blogger lainnya. Misalnya bagaimana caranya bisa menggunakan domain berbayar, bagaimana supaya blog kita dikenali oleh Google dengan baik menggunakan Google Webmaster, dan masih banyak lagi hal menarik lainnya yang bisa kita kita dapatkan melalui kopdar.

#2 Saling Berbagi Informasi dan Pekerjaan

Pekerjaan seorang blogger adalah menulis, menulis banyak hal yang bisa menjadi sumber pengetahuan dan informasi baru bagi siapa saja yang membacanya. Informasi tidak hanya untuk kalangan netizen saja, tapi juga bagi sesama blogger yang ada di komunitas ini. Selain berbagi informasi seputar event-event menarik, para anggota biasanya juga saling berbagi pekerjaan, misalnya saja seperti job review dan penulisan konten.

#3 Sering Dijadikan sebagai Media Partner

Aktif menggunakan sosial media, adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh para blogger. Melalui berbagai media jejaring sosial yang ada saat ini, mereka bisa ‘menyentuh’ banyak orang dalam satu waktu secara bersamaan. Efeknya tentu saja mereka menjadi dikenal oleh banyak kalangan, sehingga rekan-rekan dari Blogger Pontianak sering diajak untuk menjadi media partner acara-acara tertentu. Tugasnya tentu saja membagikan informasi tentang kegiatan yang diadakan.

Masih ada banyak lagi kebaikan lainnya yang dapat dirasakan dengan menjadi bagian dari Blogger Pontianak, tapi rasanya cukup sampai di sini dulu pembahasan kita. Jika kamu masih penasaran dengan Komunitas Blogger Pontianak, kamu bisa mengunjungi website resminya di bloggerpontianak.id.

2 Comments

  1. Dwi Wahyudi Desember 26, 2016
  2. Freddy Hernawan Mei 6, 2017

Berikan Tanggapan