Cara Mengatasi Kulit Belang dan Tips Pencegahannya – Memiliki kulit yang sensitif dan mudah terlihat belang tentu kurang menyenangkan. Tidak hanya bagi wanita, hal ini juga berlaku bagi pria yang memperhatikan masalah penampilan. Apalagi jika sering berada di luar rumah dan bertemu dengan orang lain. Entah itu untuk sekedar bertemu teman atau juga karena keperluan pekerjaan.

Cara Mengatasi Kulit BelangMemiliki kulit yang bagus tentu menjadi keinginan banyak orang. Namun jika kamu memiliki kulit yang belang, jangan terlau berkecil hati, karena masalah tersebut masih bisa diatasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit belang, bahkan kamu bisa mencoba pengobatannya secara alami. Kamu juga bisa melakukan beberapa langkah mudah agat kulit belang tidak terjadi lagi.
Penyebab Kulit Belang

Salah satu penyebab kulit belang yang paling gampang untuk dilihat adalah karena paparan sinar matahari. Kulit yang terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkannya terlihat belang. Itu karena kulit kita memiliki zat warna gelap yang disebut juga dengan melanin. Ketika kulit terkena pancaran sinar matahari, maka kulit akan melepaskan zat melanin untuk menangkal efek yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet.

Semakin sering atau semakin lama kita berada dibawah terik matahari, maka akan semakin banyak melanin yang dilepaskan oleh kulit. Hal tersebut akan menyebabkan warna kulit berubah menjadi gelap, berwarna hitam atau kecoklatan. Daerah yang akan mengalami hal itu hanya bagian yang terkena sinar matahari, sehingga bagian kulit lain yang terlindungi akan tetap aman.

Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami

Ada beberapa cara mengatasi kulit belang yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah dengan melakukan perawatan secara alami. Berikut ini adalah beberapa perawatan alami yang dapat dilakukan guna mengatasi masalah kulit belang.

Menggunakan Lemon

Lemon bisa menjadi salah satu pengobatan alami untuk mengatasi kulit belang. Siapkan beberapa buah lemon, kemudian belah dan peras untuk diambil airnya. Oleskan air perasan lemon tersebut pada bagian kulit yang belang, diamkan selama kurang lebih 10 hingga 20 menit. Jika dirasa cukup, bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan secara rutin hingga hasilnya mulai terlihat.

Menggunakan Tomat

Selain lemon, tomat juga bisa dijadikan sebagai solusi kulit belang. Kandungan antioksidan pada tomat ampuh untuk mengatasi masalah kulit. Cara menggunakannya mirip dengan sebelumnya, belah tomat menjadi dua, lalu oleskan pada kulit yang belang. Setelah didiamkan sekitar kurang lebih 20 menit, bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin.

Menggunakan Madu

Madu memiliki banyak khasiat yang sangat berguna bagi tubuh. Madu juga banyak digunakan di dunia kesehatan dan perawatan kecantikan, khususnya perawatan kulit. Itu karena kandungan nutrisi yang terdapat pada madu sangat baik untuk kulit. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengatasi kulit belang.

Cara menggunakannya kurang lebih sama, yaitu dengan cara dioleskan. Namun jika kamu memilih cara ini, ada baiknya untuk menggunakan madu asli. Setelah dioleskan, biarkan hingga madu tersebut mengering di kulit. Bilas dengan air hangat, dan lakukan secara terus-menerus.

Tips Mencegah Kulit Belang

Banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah kulit belang terjadi. Selain menggunakan cara-cara yang sederhana, kamu juga bisa menggunakan beberapa produk kesahatan untuk melakukannya. Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan seperti meghindari untuk keluar rumah pada saat matahari sedang terik, yaitu sekitar pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Jika memang haru keluar rumah, sebaiknya gunakan payung, topi, atau jaket untuk melindungi kulit.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi kulit belang. Semoga saja bisa membantu kamu yang sedang mencari solusi terbaik untuk masalah tersebut. Beruntung bahan-bahan yang diperlukan bisa didapat dengan sangat mudah. Selamat mencoba.

Baca juga:  Memilih Kamera DSLR yang Sesuai Kebutuhan

Bahrul Ilmi

Seorang Content Writer (CW) Pontianak yang masih dalam tahap menimba ilmu. Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.

Berikan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.