Fakta dan Sejarah Asian Games yang Sebaiknya Kamu Tahu

Fakta dan Sejarah Asian Games yang Sebaiknya Kamu Tahu

Fakta dan Sejarah Asian Games yang Sebaiknya Kamu Tahu – Saat ini mungkin sebagian besar msyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan kemeriahan piala dunia, namun jauh sebelum itu, mungkin sudah banyak yang mendengar kabar bahwa ada ajang olahraga terbesar akan diadakan di tanah air, yaitu Asian Games 2018. Menurut informasinya, ini adalah kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan event olahraga bergengsi tersebut. Sebelumnya pada tahun 1962 negara kita juga sudah menjadi penyelanggara acara besar tersebut.

Asian Games 2018

Agustus nanti dua kota besar di Indonesia akan menjadi tempat yang bersejarah karena terpilih sebagai tempat diadakannya Asian Games 2018 yang dijadwalkan akan berlangsung selama dua pekan dan dimulai sehari setelah hari kemerdekaan, yaitu 18 Agustus 2018. Kota yang terpilih sebagai tempat berlangsungnya acara se-Asia ini adalah Jakarta dan Palembang. Berbagai persiapan tentu saja sudah dilakukan untuk menyambut serta memeriahkan acara besar ini.

Bukan hanya soal ajang olahraganya yang terbilang besar, ada beberapa fakta dan sejarah menarik tentang Asian Games 2018 yang sebaiknya kamu ketahui. Ayo kita lihat satu persatu.

Penerus Event Serupa Sebelumnya

Ternyata sebelum Asian Games bisa dikenal luas dan ditunggu-tunggu seperti sekarang, dulu sekitar tahun 1912 ada event olahraga yang mirip seperti ajang ini, yaitu Far Eastern Championship Games. Saat itu negara yang ikut serta sekaligus jadi pengurus adalah Jepang, Filipina dan China. Acara pertama mereka berlangsung di di Manila tahun 1913, diikuti oleh enam negara yang ada di Asia.

Sekitar tahun 1934, jumlah negara yang ikut serta semakin bertambah, sehingga ada 16 negara. Namun sayang, acara yang mulai berkembang ini harus berhenti di tahun 1938, karena ada salah satu negara yang mengundurkan diri.

Ada Kerinduan yang Terpendam

Acara yang bagus memang harus diteruskan, begitu juga dengan Far Eastern Championship Games yang sempat terhenti tersebut. Saat Summer Olympics di London tahun 1948 berlangsung, banyak atlet yang berasal dari China dan Filipina bertemu di acara tersebut. Mereka membahas keinginan untuk menghidupkan lagi Far Eastern Championship.

Asian Games sendiri bermula dari sini, berawal dari ide seorang yang berasal dari India bernama Guru Dutt Sondhi yang kemudian mengajukan sebuah proposal yang menggambarkan ide tentang bagaimana acara tersebut akan digelar dan memfasilitasi agar semua negara di Asia bisa ikut serta.

Indonesia Jadi Percontohan Negara Selanjutnya

Tentu merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia bisa kembali menjadi penyelanggara dari event yang bersejarah ini. Perhelatan Asian Games ke-18 ini tentu akan dipersiapkan dengan sebaik mungkin oleh semua yang terkait, terutama di mana acara ini nantinya akan berlangsung. Kesuksesan dari kegiatan ini sudah pasti menjadi impian semua yang sudah berjuang untuk keberlangsungannya, sebab nantinya Indonesia akan menjadi percontohan bagi negara-negara lain yang juga akan menjadi tuan rumah pada kesempatan selanjutnya, seperti China dan Jepang.

Perpaduan Penuh Makna Maskot Asian Games 2018

Seperti event-event besar pada umumnya, Asian Games juga memiliki sesuatu yang ditonjolkan, yaitu maskot yang mereka gunakan. Pada perhelatan kali ini di Indonesia, setidaknya ada 3 maskot Asian Games 2018 yang diperkenalkan, yang mana ketiga maskot tersebut merupakan perpaduan berbagai keunikan yang terdapat di Indonesia.

Ketiga maskot tersebut adalah Bhin Bhin yang merupakan burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang melambangkan strategi. Kemudian ada Atung, seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang menunjukkan kecepatan. Lalu ada Kaka, badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang menggambarkan kekuatan. Ketiganya juga turut memperkuat slogan Asian Games 2018, yaitu “energy of Asia”.

Itulah sedikit cerita singkat tentang fakta dan sejarah yang mesti kamu ketahaui tentang Asian Games 2018. Semoga informasi tersebut semakin membuat kamu bersemangat untuk menantikan serta meramaikan ajang Asian Games kali ini. Jadilah saksi sejarah yang membanggakan bagi Indonesia.

Baca juga:  Sejarah Teh Celup yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Berikan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.