Menuju Event Nasional Jambore TIK 2017

Menuju Event Nasional Jambore TIK 2017 – Sama seperti keberangkatan ke Balikpapan beberapa waktu lalu, saya kembali dihubungi oleh mbak Rena, salah satu panitia Jambore TIK Remaja & Dewasa dengan Disabilitas 2017. Kali ini untuk mengonfirmasi kesediaan saya hadir di event Nasional Jambore TIK 2017 nanti. Bukan hanya saya, beberapa peserta lainnya sepertinya juga sudah mulai dihubungi satu persatu oleh panitia. Mereka yang dihubungi oleh panitia adalah para peserta yang berhasil memenangkan kompetisi di tingkat regional, salah satunya di Balikpapan.

Para peserta regional kalimantan, Doc. Kominfo

Para peserta regional kalimantan, Doc. Kominfo

Dari informasi yang didapat melalui telepon pada Jumat siang kemarin, peserta Jambore TIK Nasional 2017 akan mulai diberangkatkan pada 15 November 2017. Sementara event itu sendiri akan dilaksanakan pada 15-20 November nanti. Kalau dilihat dari pengalaman sebelumnya, acara kali ini sepertinya tak kalah padat dengan berbagai pelatihan dan kompetisi yang tentu saja sudah dipersiapkan dengan cukup matang oleh panitia.

Menurut jadwal yang ada, kegiatan nasional Jamobore TIK 2017 nanti akan diadakan di dua tempat berbeda, yaitu di Pusat TIK Nasional (PUSTIKNAS) Tangerang Selatan pada 15-18 November 2017 dan Jakarta pada 19-20 November 2017. Mereka yang mendapatkan kesempatan ini adalah yang telah berhasil memenangkan serangkaian kompetisi yang diadakan di 5 Regional (Jayapura, Balikpapan, Manado, Palembang, dan Yogyakarta).

Setidaknya Pontianak dan Singkawang akan mewakili Kalimantan Barat (Kalbar) pada kegiatan nanti. Jika dilihat secara kompetisi, tentu ini adalah tantangan bagi para peserta, sebab semuanya adalah-orang terpilih yang sudah menunjukkan kemapuan mereka di tingkat regional. Meski begitu, kondisi selama pelatihan bisa saja membuat semuanya terasa tanpa beban, apalagi dengan adanya sejumlah instruktur yang siap melatih, memotivasi serta mendampingi para peserta selama pelatihan berlangsung.

Guna menghindari sesuatu yang tidak diinginkan dan agar mempermudah komunikasi antara peserta dan panitia, setiap peserta diharuskan untuk menunjuk seseorang yang nantinya akan mendapingi selama kegiatan. Pendamping yang dipilih boleh ayah, ibu, saudara kandung, keluarga dekat, atau teman dekat. Paling penting, mereka yang direkomendasikan sebagai pendamping harus bisa dihubungi melalui telepon. Sebab selama kegiatan panitia akan banyak berkomunikasi dengan pendamping terkait kebutuhan peserta.

Selamat untuk teman-teman yang berhasil lolos ke event nasional Jambore TIK 2017. Untuk yang belum bisa tahun ini, masih ada kesempatan di tahun depan. Bagi kamu yang ingin ikutan, tunggu event Jambore TIK selanjutnya.

Berikan Tanggapan