Menulis Blog untuk Pemula, Mulai dari Mana?

Menulis Blog untuk Pemula, Mulai dari Mana?

Menulis Blog untuk Pemula, Mulai dari Mana – Sehari yang lalu dapat inbox dari seseorang yang menanyakan soal menulis blog. Itu bukan yang pertama kali sebenarnya, sebelumnya juga ada beberapa yang datang dengan pertanyaan serupa, tapi hanya dijawab sekilas lalu karena kadang waktu yang tidak cukup, media komunikasi yang kurang memungkinkan, dan kebingungan dengan penjelasan yang begitu panjang, sehingga orang yang mendengar mendadak pusing, tak mau melanjutkan lagi.

ngeblog untuk pemulaSepertinya cukup banyak yang memperhatikan timeline saya, atau mungkin terganggu dengan postingan yang kebanyakan hanya cerita soal pekerjaan dan link post blog. Tidak sedikit juga yang penasaran dengan bagaimana saya bisa melakukan pekerjaan yang sudah cukup lama ditekuni ini, yaitu menjadi penulis konten.

Perlu diketahui kalau saya ini bukan penulis pro yang sudah punya sejumlah buku karang sendiri atau sudah pernah menulis di media besar seperti surat kabar atau media online. Saya hanya menulis di blog. Anggapan soal penulis adalah seorang yang suka membaca pun tidak berlaku untuk saya. Kecuali untuk materi tulisan yang berkaitan dengan kerjaan dan beberapa bacaan lain yang cukup menarik untuk dinikmati.

Jadi sebenarnya agak salah alamat kalau bertanya tentang menulis dengan saya. Tapi mungkin beberapa cara berikut ini bisa membantu kamu untuk memulai blog yang sedang dikembangkan saat ini.

Tips Menulis Blog Untuk Pemula

Mulai dari yang terdekat

Banyak orang mungkin akan menyarankan ini pada mereka yang masih pemula dalam menulis. Membahas tema-teman keren tapi sulit untuk dirangkai dalam bentuk kata-kata tentu akan membuat pusing dan malas untuk melanjutkan. Untuk itu, carilah yang paling dekat denganmu. Kamu bisa memulai dari apa yang kamu suka, seperti saya yang memilih tema teknologi di awal ngeblog.

Apa yang kamu suka, apa yang kamu pahami akan lebih mudah untuk diceritakan dalam tulisan. Akan ada banyak kosa-kata dalam pikiranmu yang bisa membantu untuk menyelesaikan tulisan tersebut sehingga menjadi sebuah postingan yang siap untuk dibagikan.

Tulis kalimat pertamamu

Tantangan banyak penulis pemula adalah menuliskan kalimat pertama dalam tulisannya. Saat mengikuti pelatihan menulis di kampus, saya diajarkan untuk menulis apa saja yang saat itu terlintas dalam pikiran. Jangan ragu untuk menuliskannya. Yakinlah bahwa kita hanya ragu pada kalimat pertama saja, kita bingung memilih kata pembuka yang menarik.

Jangan takut salah karena tulisan itu nantinya masih bisa diperbaiki. Pastikan kamu sudah memeriksa tulisanmu sebelum mempostingnya di blog.

Latihan menulis postingan

Sudah dapat ide menulis, sudah bisa menulis kalimat pertama degan lancar, saatnya untuk latihan membuat postingan. Ya mungkin ada yang bilang mengerjakannya tinggal copas dari Microsoft Word ke blog. Padahal tidak segampang itu juga. Karena penulis pemula biasanya masih suka menulis dalam format penulisan buku, di mana paragraf pertama pasti agak ke dalam dan kalimatnya panjang-panjang. Itulah kenapa latihan menulis postingan itu perlu untuk dilakukan.

Kamu bisa mencoba dengan 300 kata, 500 kata, dan semakin sering kamu menulis, akan semakin mudah untuk menuliskan lebih banyak kata dalam postinganmu. Tapi jika kamu tipe yang agak malas membaca kembali tulisan untuk diperbaiki, sebaiknya menulis antara 300 kata hingga 500 saja dulu.

Ajak orang lain untuk membaca

Terakhir, yang bisa kamu lakukan adalah mengajak orang lain untuk membaca tulisanmu. Cara paling sederhana adalah dengan membagikannya ke sosial media. Jika kamu belum terlalu yakin, kamu bisa meminta beberapa teman dekat, saudara atau keluarga untuk membaca tulisan tersebut. Akan lebih baik lagi jika bisa mendapatkan respon dari mereka tentang tulisan itu. Respon dari pembaca bisa dijadikan perbaikan untuk tulisan selanjutnya.

Kira-kira seperti itu yang bisa saya sarankan untuk teman-teman yang ingin menulis di blog. Terutama yang masih merasa kebingungan untuk memulainya bagaimana dan menulisnya seperti apa, lalu bagaimana supaya blog atau tulisannya ramai dikunjungi dan dibaca oleh orang lain. Jika ada pertanyaan lain seputar menulis di blog, mungkin akan saya share lain kali di blog ini.

Baca juga:  Penyebab Kegagalan Pemilik Website di Tahun Pertama

2 thoughts on “Menulis Blog untuk Pemula, Mulai dari Mana?

Berikan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.