Perhelatan Asian Para Games 2018 di Indonesia – Indonesia sedang bersiap untuk melangsungkan Asian Games pada Agustus mendatang. Namun ternyata, selain menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar itu, Indonesia juga dipercayakan untuk mengadakan pesta olahraga serupa bagi penyandang disabilitas, yaitu Asian Para Games 2018. Ajang olahraga tersebut semakin semarak dengan adanya berbagai cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Tidak kalah dengan Asian Games 2018, event ini juga akan diikuti oleh ribuan peserta se-Asia.

Asian Para Games 2018Menurut informasinya, Asian Para Games ini sudah diadakan sebanyak tiga kali. Perhelatan kali ini akan menjadi yang keempat, di mana Indonesia mendapat kehormatan sebagai penyelenggara event yang juga merupakan pertama kalinya di Asia Tenggara itu. Dalam kesempatan ini para atlet difabel dari berbagai negara akan bertemu langsung dan saling beradu kemampuan dalam setiap cabang olahraga yang sudah dipersiapakan.

Setidaknya ada sekitar 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada ajang Asian Para Games 2018 nanti. Beberapa diantaranya seperti panahan, renang, tenis dengan kursi roda, catur dan olahraga lainnya. Dari 18 cabor yang sudah dipersiapkan sedemikian rupa, akan ada sedikitnya 582 nomor pertandingan. Di mana jumlah peserta yang ikut dalam pertandingan berjumlah sekitar 3.000 peserta.

Sama seperti Asian Games yang mengusung tema “Energy of Asia”, pesta Asian Para Games juga memiliki tema yang diangkat kali ini, yaitu “The Inspiring Spirit and Energy of Asia”. Tema tersebut dipilih karena memiliki makna determination, courage, equality, dan inspiration yang diangkat dari empat nilai yang terdapat pada Paralympic.

Hal menarik lainnya yang juga memiliki kesamaan dengan Asian Games adalah penggunaan maskot. Jika pada Asian Games 2018 memiliki tiga maskot, Asian Para Games 2018 hanya memiliki satu maskot yang dijuluki dengan MoMo (Motivation and Mobility). MoMo adalah elang bondol yang juga dijadikan sebagai maskot kota Jakarta, kota yang nantinya dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Diadakannya Asian Para Games 2018 di Indonesia tentu menjadi penyemangat tersendiri bagi para atlet untuk menang. Meskipun menurut catatan sejarahnya Thailand selalu menjadi juara umum pada pertandingan ini. Tidak menutup kemungkinan para pemain dari Indonesia kali ini bisa merebut kesempatan tersebut dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari ketua Nasional Paralimpiade (NPC) dan juga Menteri Pemuda dan Olahraga.

Menjadi tuan rumah penyelenggara dua event besar di Asia tentu menjadi kehormatan bagi kita dan Indonesia, untuk itu mari kita sukseskan kegiatan tersebut degan memberikan dukungan serta semangat kepada para atlet yang turut bertanding, mengharumkan nama Indonesia di dunia olahraga.

Baca juga:  Blogger Pontianak Ramaikan Pontianak Kota Bersinar

Bahrul Ilmi

Seorang Content Writer (CW) Pontianak yang masih dalam tahap menimba ilmu. Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.

Berikan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.