Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia

Pontianak, kota yang kisahnya belum lama ini tayang di layar lebar menyimpan banyak sekali cerita dan kisah menarik untuk dinikmati. Tidak hanya itu, kota yang juga merupakan tempat kelahiran saya ini memiliki tempat-tempat wisata yang tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia. Lewat tulisan ini kita akan melihat bahwa kota Pontianak tempat wisata paling menarik di Indonesia.

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia

Keraton Kadriyah Pontianak. Dok. http://bahrulilmi.com

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui kalau di Pontianak terdapat berbagai tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Melalui tulisan ini, kita akan melihat berbagai tempat wisata paling menarik yang ada di kota ini. Yuk kita lihat sama-sama.

#1 Keraton Kadriyah Pontianak

“…. kalau tadak pegi ke sanak, belomlah sampai dalam kotenye…”

Bagi kamu yang pernah mendengar lagu “Mesjid Jami”, sebuah lagu yang menceritakan tentang Kota Pontianak, mungkin sudah tidak asing dengan kalimat tersebut. Ya, banyak orang yang berkata, belum ke Kota Pontianak kalau belum mampir ke Keraton Kesultanan Kadriyah Pontianak. Sebab tempat tersebut merupakan salah satu saksi sejarah asal mula Kota Pontianak.

Keraton Kesultanan yang berada di Jalan Tanjung Raya 1, Kelurahan Kampung Dalam Bugis itu selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat sejarah Kota Pontianak dan beberapa peninggalan yang masih tersimpan rapi di sana. Tempat tersebut dibuka dari pagi hingga sore hari. Pengunjung juga bisa membeli beberapa oleh-oleh khas Pontianak secara langsung di sana.

#2 Tugu Khatulistiwa

Tempat yang satu ini juga tidak kalah menarik. Bahkan unik. Sebab di sni saat kulminasi terjadi, kita bisa melihat diri kita serta benda-benda di sekitar tampak tanpa bayangan. Tidak hanya itu, ketika kulminasi berlangsung, tingkat gravitasi meningkat, sehingga kita bisa mendirikan telur di tempat ini, hebat kan? Tapi, apa sih kulminasi itu?

Kulminasi adalah saat di mana matahari berada tepat di gari khatulistiwa. Saat kulminasi terjadi, matahari tepat berada di atas kepala, sehingga menghilangkan pabayangan benda-benda yang ada dipermukaan bumi. Fenomena alam ini terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada 21-23 Maret dan 21-23 September. Tidak hanya sebagai sarana hiburan bagi masyarakat dan para wisatawan, momen kulminasi juga menjadi sarana untuk mencari rezeki bagi sebagian orang dengan usahanya masing-masing.

#3 Masjid Raya Mujahidin Pontianak

Tempat yang satu ini sempat menuai kontroversi di kalangan masyarakat, terutama ketika selesai direnovasi beberapa waktu lalu. Renovasi total yang dilakukan sejak 2011 membuat masjid kebanggaan warga Pontianak itu tampak begitu megah, sehingga menarik minat banyak orang untuk mendatanginya. Meski mengalami perbaikan secara total, di area tersebut masih berdiri kokoh sebuah menara yang di dalamnya terdapat radio dan televisi Mujahidin Pontianak.

Jika dilihat dari jauh, menara tersebut terlihat lebih besar dibandingankan beberapa menara yang mengelilingi Masjid Raya Mujahidin saat ini. Disitulah letak keistimewaannya. Jika kamu berani dan sanggup untuk menaiki menara tersebut hingga ke lantai paling atas, kamu bisa melihat sebagaian kota Pontianak dari atas sana. Melihat aktivitas masyarakat Pontianak dari ketinggian.

Selain tiga tempat yang saya bahas ini, masih banyak lagi tempat-tempat menarik yang ada di Pontianak. Kamu bisa menemukannya dengan mengetikkan “Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia” di mesin pencari. Tapi tanpa tanda petik yaa… Kamu tidak hanya akan menemukan tempat wisata menarik, tapi juga Berita Terbaru dan Informasi Terkini seputar Kota Pontianak.

Bagi kamu yang sudah lama di Pontianak dan sudah menjadi bagian dari Kota Khatulistiwa ini, berbanggalah dengan segala potensi yang dimiliki oleh kota ini. Bagi kamu yang belum pernah ke sini, yuk ke Pontianak. Awak datang, kamek sambot.

Tulisan menarik ini turut didukung oleh:

The Warna Indonesia

Rental Mobil Pontianak

Roti Kap Khas Pontianak

Produk Oriflame: @onlinekatalog

2 Comments

    • Bahrul Ilmi Oktober 5, 2016

Berikan Tanggapan