Urusan Administrasi Anti Ribet Berkat Aplikasi Slip Gaji

aplikasi slip gaji

Salah satu tugas administrasi HRD adalah membuat slip gaji ketika karyawan memintanya. Dulu, bentuk slip gaji yang paling umum adalah dalam bentuk kertas. Bukti fisik seperti selembar kertas dulu dianggap sebagai bukti yang paling otentik karena biasanya terdapat tanda tangan dari pihak HRD yang bertanggung jawab.

Namun, seiring perkembangan dunia digital, dokumen fisik dirasa sudah tidak praktis. Slip gaji kini lebih disukai dalam format digital seperti PDF karena praktis dan mudah dikirim melalui email atau disimpan. Digitalisasi dalam format slip gaji ini tak lepas dari aplikasi slip gaji.

Kenapa Perusahaan Perlu Aplikasi Slip Gaji?

aplikasi slip gaji

Merujuk ke UU No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, slip gaji bukanlah kewajiban mutlak perusahaan yang harus diberikan tiap bulannya seperti gaji.

Akan tetapi, ada kalanya karyawan membutuhkan slip gaji untuk keperluan tertentu, seperti mengajukan cicilan rumah dan elektronik. Itulah sebabnya HRD harus tetap memproses slip gaji jika ada request dari karyawan.Bila diproses dengan cara manual, HRD harus mencari nama dan detail gaji karyawan yang meminta slip gaji, kemudian memindahkan data perhitungan gajinya secara manual.

Mungkin jika 1 karyawan tidak masalah. Namun, bagaimana jika ada banyak karyawan yang meminta slip gaji secara bersamaan?

Itulah alasan utama kenapa perusahaan perlu menggunakan aplikasi slip gaji. Dengan aplikasi slip gaji, proses administrasi seperti penyusunan slip gaji menjadi simpel dan anti ribet.

Baca juga:  Optik Kacamata SATURDAYS, Brand Lokal Karya Anak Bangsa yang Mendunia

Alasan Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi Slip Gaji

Selain itu, di bawah ini adalah alasan lain yang memperkuat mengapa perusahaan harus menggunakan aplikasi slip gaji:

Aksesibilitas

Aplikasi slip gaji memiliki sistem online, sehingga HRD dapat mengaksesnya sewaktu-waktu di luar kantor saat karyawan memintanya. Hal ini sangat berguna bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote seperti startup.

Ramah Lingkungan

Karena output slip gaji berupa format digital, menggunakan aplikasi lebih ramah lingkungan. Perusahaan tak lagi perlu menggunakan kertas yang mengganggu dan menumpuk.
Mempermudah HRD

Transformasi digital dapat mempermudah hidup manusia. Begitu pula dengan kinerja HRD. Aplikasi slip gaji karyawan bisa mempercepat pekerjaan proses slip gaji dan mempermudah kinerja HRD. Sistem aplikasi berjalan otomatis sehingga mengurangi adanya double check atau human error.

Baca juga: Tips Membuat Proposal Usaha untuk Menarik Investor

Aman dan Privasi

Kerahasiaan slip gaji memiliki tingkat urgensi tinggi. Informasi slip gaji yang bocor seringkali menjadi pemicu konflik antara karyawan. Bisa-bisa kinerja karyawan justru menurun karena konflik yang terjadi.

Penjelasan di atas dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk beralih menggunakan aplikasi slip gaji daripada bertahan dengan cara manual. Dengan aplikasi slip gaji dari LinovHR, HRD dapat menyusun slip gaji dengan cepat dan akurat.

Ketika HRD memproses slip gaji dengan lebih cepat, secara tidak langsung juga akan meningkatkan kepuasan kinerja karyawan karena kebutuhannya dapat diproses dengan cepat dan akurat. Coba aplikasi slip gaji dari LinovHR sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.