Cara Memasak Nasi Goreng Jawa yang Enak dan Cara Penyajiannya

Cara Memasak Nasi Goreng Jawa yang Enak dan Cara Penyajiannya

Cara Memasak Nasi Goreng Jawa yang Enak dan Cara Penyajiannya – Banyak yang berkata kalau orang Indonesia itu belum makan kalau belum makan nasi. Sebab itu adalah makanan pokok kita sehari-hari. Sehingga banyak sekali pilihan makanan yang bisa dibuat dengan nasi sebagai bahan utamanya. Misalnya saja nasi goreng, sebuah hidangan sederhana namun kaya rasa dan bumbu khas Indonesia yang membuatnya disukai oleh banyak orang.

Resep nasi Goreng JawaKekayaan Indonesia akan rempah-rempahan memang sudah sangat terkenal dan digunakan dalam setiap masakan yang dibuat oleh masyarakatnya, tidak terkecuali nasi goreng. Ada banyak sekali resep nasi goreng yang bisa dicoba, karena masing-masing daerah memiliki ciri khasnya masing-masing dalam mengolah hidangan ini, misalnya resep nasi goreng Jawa yang memiliki cita rasa asin dan gurih.

Untuk bisa membuat nasi goreng khas Jawa tidak begitu sulit, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan panduan yang tertulis di resep nasi goreng Jawa. Pada pembahasan ini setidaknya ada beberapa hal yang harus kamu siapkan, yaitu bahan dasar, bumbu halus, dan menu pelengkap. Berikut ini resep nasi goreng Jawa yang bisa kamu coba.

Bahan

500 gram nasi putih
2 buah daun bawang
2 butir telur ayam
2 buah paha ayam
Margarin secukupnya
Kecap manis secukupnya
Bawang merah goreng secukupnya

Bumbu Halus

½ sdt merica
½ sdm ebi (disangrai)
5 buah cabe merah
3 siung bawang putih
7 siung bawang merah
3 buah kemiri (disangrai)

Menu Pelengkap

Kerupuk udang secukupnya
5 tusuk sate ayam dan sate usus
2 buah tomat
3 lembar daun kol
3 buah mentimun

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa yang Enak

Setelah semua bahan siap, saatnya kita mengolah semua bahan tadi untuk dijadikan beberapa porsi nasi goreng Jawa. Berikut cara memasaknya.

Pertama, goreng daging ayam atau paha ayam yang sudah dicuci bersih. Goreng setengah matang lalu tiriskan. Setelah itu siapkan semua bumbu yang akan dihaluskan. Disarankan untuk menggunakan cobek atau semacamnya agar bumbu terasa lebih sedap.

Jika sudah siap, panaskan minyak goreng atau margarin yang sudah disiapkan. Kemudian masukkan telur dan goreng secara orak-arik agar tidak menggumpal. Selanutnya tumis bumbu halus dengan api kecil. Jika sudah tercium aroma harum, masukkan nasi putih dan aduk hingga merata.

Jangan lupa juga untuk tambahkan kecap, penyedap rasa dan aduk lagi sampai rata dan nasi goreng Jawa siap untuk disajikan. Sebelum itu, ada baiknya kamu juga mengetahui bagaimana tips menyajikan nasi goreng Jawa agar lebih menarik.

Tips Menyajikan Nasi Goreng Jawa

Agar makan nasi goreng Jawa semakin menggugah selera dan terasa seperti makan di restoran, ada baiknya kalau dihidangkan dengan cara yang spesial. Caranya kamu taruh nasi gorengnya di piring, kemudian susun lalapan yang sudah disiapkan seperti tomat, potongan mentimun dan kol. Lalu berikan juga pelengkapnya seperti daging ayam, sate dan kerupuk. Kamu juga bisa memilih untuk menambahkan telur dadar atau telur ceplok kalau mau. Tinggal disesuaikan dengan selera.

Nasi goreng bisa di makan kapan saja, cocok untuk sarapan atau makan malam. Sarapan yang enak dan bergizi selain menambah tenaga juga pasti menambah semangat untuk mengerjakan rutinitas sehari-hari. Apalagi untuk membuat menu yang satu ini sangat mudah dan praktis.

Baca juga:  Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

Berikan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.