Segera Pindah, Ini Harapanku untuk Ibu Kota yang Baru

pemindahan ibu kota indonesia

Pemindahan ibu kota. Isu ini belakangan kembali jadi pembahasan yang hangat di kalangan masyarakat, tidak terkecuali netizen Indonesia di sosial media. Saya pun tertarik untuk mengikuti kabar pemindahan ibu kota yang semula berada di Jakarta, namun akan dalihkan ke kota lain yang sudah “ditarget” sejak lama.

Apalagi rencana besar ini kembali mencuat di saat kampanye pemilihan presiden sedang berlangsung.

Ada banyak data dan fakta yang ditemukan memperkuat kepastian pemindaan ibu kota Indonesia. Sejumlah daerah disebut-sebut sebagai calon ibu kota yang baru. Bagi saya yang tinggal dan besar di Pontianak, Kalimantan Barat, ikut merasa bahagia ketika mengetahui Kalimantan jadi salah satu calon ibu kota Negara nantinya.

alasan ibu kota indonesia harus pindah
Infografis pemindahan ibu kota ke luar Jawa via Bappenas

Pemindahan Ibu Kota

Kita tentu sudah mengetahui kalau rencana pemindahan ibu kota Indonesia sudah ada sejak lama. Kini kembali digaungkan oleh Bapak Joko Widodo (Jokowi), dan sudah akan ditentukan pada 16 Agustus 2019 kota mana yang nanti akan dilakukan pembangunan dan menjadi ibu kota Negara Indonesia yang baru.

Meski begitu, kabar gembira ini tidak begitu saja bisa terlaksana. Sebab butuh waktu yang tidak sebentar serta biaya yang tidak sedikit untuk mempersiapkan ibu kota baru. Hal ini juga sudah dijelaskan oleh sebuah channel edukasi KokBisa? dalam video mereka berikut ini.

Kabar pemindahan ibu kota yang sebentar lagi menunggu pengumuman Pak Jokowi ini pun mendapat tanggapan dari komedian sekaligus pegiat politik Indonesia, Panji Pragiwasono.

Baca juga:  Ketika Blogger Techno Jadi Food Blogger

Ia menjelaskan secara lengkap tanggapannya tentang rencana ini dan apa saja yang nantinya harus dipersiapkan oleh pemerintah, seperti dalam videonya ini.

 

Alasan Pemindahan Ibu Kota

Jakarta dinilai sudah terlalu lama menanggung beban sebagai ibu kota, terlebih lagi Indonesia menjadikan pusat pemerintahan dan perekonomian di satu daerah yang sama. Ini tentu saja membawa dampak yang sangat serius.

Apalagi Jakarta sering mengalami bencana alam seperti gempa, banjir, dan lain-lain.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menilai, sudah saatnya ibu kota pindah dari Jakarta.

Itu diperkuat dengan beberapa hal, seperti tingkat urbanisasi (pepindahan penduduk) yang tinggi, penurunan air muka tanah, kekurangan air bersih hingga kerugian ekonomi yang disebabkan oleh kemacetan.

Ibu kota Indonesia yang baru tentu saja adalah kota di mana semua dampak buruk tersebut tidak terjadi. Pemerintah juga bisa melakukan pembangunan secara lebih merata, tidak hanya di Pulau Jawa saja. Itulah kenapa calon ibu kota baru disarankan berada di luar Jawa.

Harapan untuk Ibu Kota Baru

Semakin hari kabar pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan semakin jelas terdengar, bahkan kepastian tersebut sudah akan kita saksikan bersama pada bulan Agustus ini seperti yang sudah dijanjikan oleh Pak Jokowi, yang juga dirilis oleh Kumparan melalui channel Youtube mereka.

Baca juga:  Kebijakan Konten 3:1 dan Placement Content

 

Proses pemindahan yang diperkirakan menelan biaya sekitar Rp. 466 Triliyun itu bahkan sudah siap dengan konsep apa saja yang akan lebih dulu dibangun nantinya. Jika pengerjaan sesuai dengan perencanaan, maka akan ada sedikitnya empat kawasan yang akan dibangun selama 10 tahun mendatang.

Jika ibu kota baru sudah diumumkan sesuai dengan tanggal yang ditentukan, tentu ini akan membuat harapan banyak orang semakin membesar.

Apalagi menurut wawancara yang dilakukan KataData bersama Bambang Brodjonegoro selaku Menteri PPN (Bappenas), akan ada sekitar 1,5 juta orang yang nantinya akan tinggal di Ibu kota baru, tentu banyak harapan yang menanti ingin diwujudkan, terutama oleh masyarakat di sekitarnya.

Kalau saya juga boleh ikut menggantungkan harapan pada ibu kota baru, inilah yang saya inginkan.

Lapangan Pekerjaan untuk Disabilitas

Ibu kota baru tentu akan menjadi project percontohan yang akan menerapkan berbagai peraturan yang telah dibuat dengan baik. Di mana salah satunya adalah hak bekerja bagi penyandang disabilitas.

Teman-teman difabel bisa diberikan pekerjaan baik di pemerintahan maupun swasta yang mana ini juga sudah diatur dalam UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Media Center yang Bersahabat

Kementrian dan Bapak Jokowi sendiri terlihat sering bekerjasama dengan para influencer dan content creator. Bahkan saat ini beberapa akun media sosial milik pemerintah seperti BMKG terlihat cukup dekat dengan masyarakat Indonesia yang sudah terkoneksi internet dan mengikuti mereka.

Baca juga:  Keseruan di Jambrore TIK 2017 Regional Balikpapan

Saya rasa ini juga bisa kita terapkan pada ibu kota baru nantinya, yaitu membangun sebuah media center yang ramah bagi warganet yang ingin lebih dengan pemerintah, mengetahui kabar terbaru dari rencana yang akan dilakukan, memberikan masukkan untuk pembangunan selanjutnya dan lain sebagainya dengan lebih cepat.

Pengembangan Ekonomi Masyarakat Setempat

Ini juga tidak kalah penting untuk kemajuan Indonesia serta peningkatan kinerja pemerintahan di perioode kedua ini. Dukungan terhadap pengembangan perekonomian masyarakat sekitar tentu juga akan berdampak baik bagi pembangunan ibu kota baru.

Jika dikelola dengan baik, maka peningkatan ekonomi tersebut juga akan berpengaruh pada bidang pendidikan, kesehatan, serta bidang-bidang lainnya. Sehingga Indonesia akan lebih sejahtera, serta pembangunan perlahan-lahan juga akan lebihh merata.

Kira-kira begitulah harapan sederhana saya untuk ibu kota Indonesia yang baru nantinya. Sebagai masyarakat biasa yang ikut memperhatikan pembangun yang dilakukan oleh pemerintah, saya hanya bisa berdoa agar semua rencana tersebut bisa terlaksana dan berjalan dengan baik.

Begitu pun dengan ibu kota Indonesia yang baru. Semoga benar-benar bisa membuat negara kita tercinta lebih baik lagi dari sebelumnya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.