menjadi blogger profesional
Tips

3 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Jadi Blogger Profesional

3 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Jadi Blogger Profesional – Kopdar Webmaster From Zero To Hero 3 Pontianak tampaknya memberikan sesuatu yang luar biasa bagi peserta. Bagaimana tidak, kali ini acara tersebut dibuat sedikit berbeda. Jika dalam dua kopdar sebelumnya peserta yang hadir diberikan teori dan pengarahan secara teknis tentang SEO (Search Engine Optimization), kali ini mereka justru diberikan sesuatu yang lebih mudah untuk diingat dan dilakukan.

menjadi blogger profesional

Menjadi blogger yang profesional tentu tidak semudah kedengarannya. Selain dituntut untuk bisa memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca, ada hal lain yang ternyata harus diperhatikan oleh seorang blogger atau pegiat media sosial. Apalagi saat ini kebanyakan dari mereka sering menjalin kerjasama dengan sebuah brand atau agency, maka hal-hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

3 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Jadi Blogger Profesional

Pada sesi kedua Kopdar Webmaster From Zero To Hero 3 Pontianak, Febriyan Lukito selaku SEO Analisis MB Communication memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang blogger. Itu disampaikan berdasarkan pengalaman selama ini di agency dan ketika berhadapan langsung dengan para blogger serta pegiat media sosial untuk sebuah acara. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

Attitude

Attitude atau sikap merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh siapa saja yang terjun di dunia digital marketing, terlebih lagi oleh seorang blogger. Sikap menjadi pertimbangan sebuah brand atau agency dalam melihat mitra yang akan digandeng untuk promosi mereka.

Semakin baik sikap seorang blogger yang sudah dilirik, maka akan semakin besar kemungkinan kerjasama untuk didapatkan, meski sebelumnya orang tersebut tidak memiliki catatan tertentu seperti sering menang lomba, sering diundang ke event dan sebagainya.

Sebaliknya, seberapa terkenal pun seseorang itu, sering menang lomba, sering diundang ke event, terlebih tulisannya bagus, tapi kalau attitude-nya kurang, maka akan berakibat buruk di mata agency apalagi brand. Tawaran kerjasama yang sudah di depan mata pun bisa hilang dan diberikan kepada orang lain yang dinilai lebih baik dalam bersikap, terutama di media sosial.

Competence

Untuk menjadi seorang blogger profesional, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah competence atau seberapa sering seorang blogger mengupdate tulisan di blognya. Blog dengan konten yang selalu update sesuai tema atau niche yang dipilih akan memberikan efek kepada blogger itu sendiri, orang akan secara perlahan mengenalnya dan mempercayainya lewat tulisan yang dibuat atau dibagikan di blog serta media lain yang dia juga menulis di sana.

Para blogger juga bisa memanfaatkan situs-situs besar yang memungkinkan mereka untuk berkontribusi, menulis beberapa artikel di sana untuk tidak hanya sekedar berbagi, tapi juga mengembangkan diri, memperluas jaringan, dan lain sebagainya. Selain itu beberapa tulisan di media lain semisal Kumparan, Kaskus, Hipwee dan semacamnya tidak hanya bisa memberikan backlink ke blog utama, tapi juga bisa mendatangkan visitor.

Trustworthiness

Kepercayaan menjadi hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Kepercayaan yang dibangun di sini dilihat dari dua sisi, dari agency dan pembaca. Kadang saat menulis review misalnya, blogger cenderung bermain aman dengan menuliskan kebaikan produk dari brand yang sedang berkerjasama. Apalagi kalau ada kerjasama dalam jangka panjang atau punya kertertarikan tersendiri pada produk yang sedang dibahas, ada kesan seperti mendewa-dewakan brand.

Hal tersebut mungkin baik, namun akan terlihat seperti sebuah ‘pesanan’ sehingga kurang begitu dipercaya oleh pembaca. Hal tersebut juga berimbas kepada keyakinan agency atau pihak pengiklan lainnya untuk mempercayakan project mereka kepada blogger. Sehingga kesempatan mereka bisa saja digantikan orang lain.

Hal tersebut sebenarnya masih bisa dibicarakan oleh kedua belah pihak secara baik-baik. Sang penulis tetap bisa menulis dengan sudut pandangnya, pemilik produk atau jasa juga bisa menjadikan apa yang ada dalam tulisan tersebut sebagai sebuah masukkan dan bisa menjadi pertimbangan untuk perbaikan selanjutnya. Dengan begitu semua pihak bisa menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik.

Seperti itulah beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin menjadi seorang blogger yang profesional. Tidak hanya soal blog dan bagaimana kamu mengolah sebuah tulisan, sikap dan keercayaan serta hal lainnya juga wajib diperhatikan jika ingin tetap eksis di dunia kreatif yang satu ini.

Baca juga:  Hadirnya Dare Blogger di Komunitas Blogger Pontianak
Bahrul Ilmi
Seorang Content Writer (CW) Pontianak yang masih dalam tahap menimba ilmu. Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
http://softrickinfo.com

6 Replies to “3 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Jadi Blogger Profesional

Berikan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.