Tips Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Tips Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Tips Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil – Memiliki mobil dalam keadaan bersih tentu akan memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang berada di dalamnya. Untuk itu perlu bagi pemilik mobil untuk melakukan bersih-bersih secara rutin dan menyeluruh, termasuk ke dalam bagian ruang mesin sekalipun. Sebab mobil yang bersih bukan hanya dilihat dari luar atau dalamnya saja, bagian lain juga harus mendapat perhatian agar mobil tidak hanya bersih, tapi juga terawat, sehingga dapat terus memberikan performa yang memuaskan.

Tips Aman Membersihkan Ruang Mesin MobilPerawatan mesin mobil menjadi salah satu yang penting untuk diperhatikan karena menyangkut dengan kinerja mesin itu sendiri, sehingga dapat terus berjalan dengan sebagaimana mestinya. Selain pengecekan secara berkala, perawatan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan bagian ruang mesin mobil. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa membersihkan ruang tersebut tidak sama dengan mencuci mobil pada umumnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan dengan benar.

Meski beberapa produsen mobil sudah melangkapi mobil buatan mereka dengan sejumlah pengamanan khusus, misalnya saja sil untuk melindungi komponen penghantar listrik dan teknologi kedap air, namun kita tetap harus berhati-hati dalam melakukan hal ini. Berikut beberapa cara membersihkan ruang mesin mobil yang bisa kamu coba.

Tips Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Untuk memulai proses membersihkan ruang mesin mobil, silahkan persiapkan perlengkapannya terlebih dahulu. Selain menggunakan campuran air dan detergen, kamu juga bisa mendapatkan perlengkapan lainnya di toko-toko yang menyediakan alat untuk membersihkan mobil. Jangan lupa untuk menyiapkan sikat kecil atau kuas.Sebelum melakukan proses pembersihan, hal pertama yang harus dilakukan adalah memanaskan mesin mobil terlebih dahulu. Sebab dengan kondisi mesin mobil yang hangat dapat memudahkan dalam melepaskan kotoran-kotoran yang menempel. Tapi tidak perlu terlalu panas. Kamu bisa menyalakan mobil selama satu menit untuk mendapatkan panas yang sesuai.

Hal penting lainnya juga sebaiknya segera dilakukan adalah memastikan semua komponen yang mengandung arus listrik dalam keadaan aman. Matikan mesin mobil dan cabut kunci guna memastikan tak ada arus listrik pada mesin mobil. Selain itu bungkus semua kabel atau komponen lain yang berpotensi menghantarkan listrik menggunakan plastik.

Setelah semua siap, mulailah dengan membersihkan bagian permukaan mesin dan celah-celah kecil. Gunakan sikat kecil atau kuas untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit dibersihkan. Jika semua bagian sudah dibersihkan dengan air sabun atau pembersih lainnya, segera bilas dengan air bersih untuk menghindari sabun mengering dan justru menjadi kotoran yang nantinya sulit untuk dihilangkan.

Apabila kamu menggunakan semprotan ketika membilas, usahakan untuk menyemprot dengan tekanan rendah saja. Sebab dikhawatirkan air akan mengenai bagian-bagian lain. Jika semua proses sudah dilakukan dengan benar, maka saatnya untuk pengeringan. Pada tahap ini kamu hanya perlu menyiapkan lap dari bahan yang lembut dan mengelap seluruh bagian yang susah dibersihkan. Kemudian lepaskan semua pelindung yang terpasang pada kabel dan semacamnya, setelah itu biarkan beberapa saat hingga ruang mesin mobil mengering dengan sempurna.

Begitulah cara membersihkan ruang mesin mobil dengan aman yang bisa kamu terapkan saat membersihkan mobil kesayanganmu. Perawatn yang baik dan benar dapat menjaga kendaraan agar tetap dan kondisi yang baik dan siap untuk digunakan. Kondisi mesin yang prima akan memberikan rasa aman ketika kendaraan sedang digunakan.

Baca juga:  Penyebab Kegagalan Pemilik Website di Tahun Pertama

Berikan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.