Tips Memilih Pipa Air Sesuai Kebutuhanmu

tips memilih pipa air

Kebutuhan akan air bersih merupakan salah satu yang penting diperhatikan. Selain kualitas air yang kita dapatkan, pemilihan pipa air yang benar juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Saat melakukan instalasi perairan di rumah, ada baiknya untuk menyesuaikan dengan pipa air yang akan digunakan, karena tiap pipa memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ini juga penting agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Tips Memilih Pipa Air

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli pipa air, ada baiknya ketahui terlebih dahuu tips memilih pipa air berikut ini.

Kenali Jenis Pipa yang Akan Digunakan

Ada beberapa jenis pipa yang biasa digunakan untuk distribusi air bersih. Ada pipa HDPE yang sudah sangat umum digunakan untuk proyek air bersih. Pipa jenis ini memiliki kelenturan yang sangat baik dan mampu bertahan hingga 50 tahun. Biasa dijual dalam bentuk gulungan panjang.

tips memilih pipa air

Ada juga pipa PVC atau yang dikenal dengan sebutan pipa paralon. Jenis pipa air yang umum digunakan pada rumah tangga. Untuk penggunaannya, pipa ini memerlukan sambungan dengan panjang minimal 4 meter.

Keduanya jenis pipa ini mungkin sudah bisa memberikanmu gambaran akan menggunakan pipa air yang seperti apa untuk kebutuhanmu saat ini.

Sesuaikan Ukuran Pipa

Setelah mengetahui jenis pipa yang dibutuhkan, kamu juga perlu mengetahui ukuran pipa yang akan kamu gunakan. Ini bertujuan agar pemasangan yang dilakukan lebih efisien dan menghemat biaya yang akan dikeluarkan.

Kamu bisa menyesuaikan ukuran pipa dengan jenis rumah atau pemasangan saluran yang sedang dikerjakan.

Memastikan Kekuatan Pipa yang Digunakan

Untuk menguji seberapa kuat pipa yang akan digunakan, ada baiknya ada sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan. Sebab pengujian tiap pipa berbeda. Sebagai contoh kita akan menggunakan pipa jenis HDPE.

Untuk menguji kekuatannya, kamu bisa melengkungkan pipa hingga kedua sisinya bertemu. Jika pipa tidak pecah atau patah, bisa dipastikan kualitasnya bagus.

Pastikan Jenis Fitting yang Digunakan

Setiap pemasangan pipa memerlukan sambungan atau fitting. Terutama untuk pipa jenis PVC. Agar pemasangan lebih sempurna, pastikan kamu menggunakan fitting yang sesuai dengan ukuran pipa yang digunakan. Penggunaan lem pipa yang tepat juga akan memudahkan proses pemasangan pipa.

Rekomendasi Pipa Air yang Sebaiknya Digunakan

Jika kamu masih bingung memilih pipa air untuk pemasangan di rumah, kamu bisa coba gunakan pipa PVC standard dari Rucika. Pipa air dari Rucika ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan produk sejenis yang menggunakan bahan polimer.

Pipa PVC standard ini memiliki ketahanan yang kuat, ringan, dan tahan terhadap korosi. Jadi kamu tidak perlu khawatir soal ketahanan jangka panjangnya. Pemasangan pipa ini juga terbilang mudah.

Selain itu pembuatannya juga sudah menggunakan standar JIS dan ISO dengan sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000.

Jadi untuk kamu yang sedang membuat rancangan pemasangan instalasi air di rumah, kini sudah bisa terbantu dengan cara memilih pipa air ini. Sehingga kamu tidak perlu kebingungan lagi menentukan pipa yang tepat. Kamu juga bisa langsung mencari pipa air yang sesuai dengan kebutuhanmu dengan mengunjungi website resmi Rucika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.