Tak Khawatir Kehilangan Data Lagi dengan USB OTG SanDisk

File digital kini seolah sudah jadi harta paling berharga yang kita miliki. Apalagi kalau file tersebut punya kenangan tersendiri atau justru ada hubungannya dengan pekerjaan utama kita sehari-hari. Jadi kalau sampai hilang, pasti serasa sedang mimpi buruk. Saya sendiri sering mengalami kehilangan data pribadi, terutama saat pertama kali belajar instal ulang komputer. Ada yang bisa kembali, ada juga yang terpaksa diikhlaskan terhapus begitu saja.

Pekerjaan utama saya sebagai penulis konten dan beberapa pekerjaan lainnya, membuat saya lebih akrab dengan smartphone. Laptop hanya saya gunakan untuk menulis artikel dan beberapa keperluan lainnya. Beberapa data penting seperti foto, list keyword yang akan dikerjakan dan semacamnya biasa saya simpan di smartphone. Tujuannya supaya lebih mudah untuk diakses dan melakukan riset.

USB OTG SanDisk

Kehilangan Data Penting di Smartphone

Tapi saya juga sempat beberapa kali kehilangan data penting di smartphone. Ada yang karena kelalaian sendiri yang lupa melakukan backup data secara berkala, ada juga yang hilang karena terhapus tanpa sengaja ketika membersihkan memori menggunakan aplikasi bawaan smartphone.

Ternyata saya tak sendirian. Menurut survei yang dilakukan oleh DEKA yang dikomisikan Western Digital Corp pada 1.120, ada sekitar 67% pengguna smartphone di Indonesia pernah mengalami kehilangan data di ponsel pintar mereka. Sehingga 80% dari mereka sudah menyadari pentingnya melalukan backup data secara berkala.

Baca juga:  Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Penyebab Kehilangan Data di Smartphone

Banyak dari kita yang mungkin masih bertanya-tanya apa sebenarnya yang menjadi penyebab kita bisa mengalami kehilangan data penting di smartphone. Beberapa alasan berikut ini adalah yang biasanya saya temukan dan alami sendiri.

Terkena Virus

Internet menjadi salah satu akses masuk berbagai macam informasi ke smartphone yang kita miliki. Aktivitas seperti tranfer file dari berbagai macam sumber juga sering kita lakukan. Hal ini bisa menjadi celah bagi virus untuk masuk ke smartphone dan berpotensi untuk merusak hingga menghilangkan data yang tersimpan.

Terhapus Tanpa Sengaja

Terkadang entah karena buru-buru atau sedang kurang fokus, kita melakukan kesalahan yang membuat data penting di smartphone terhapus. Aktivitas seperti membersihkan memori menggunakan aplikasi terkadang juga membuat file yang kita miliki ikut terhapus karena dianggap sebagai junk file atau file sampah yang hanya menguras memori penyimpanan.

Lupa Backup Data Secara Berkala

Survei yang dilakukan oleh DEKA menunjukkan kalau umumnya pengguna smartphone di Indonesia menggunakan perangkat dengan kapasitas memori 16 GB – 32 GB. Ukuran yang terbilang besar sehingga membuat sebagian orang merasa cukup aman untuk menyimpan data mereka tanpa harus melakukan backup data ke tempat lain.

Kerusakan Sistem

Selain menguras ruang penyimpanan, kebiasaan melupakan pentingnya backup data berkala juga akan semakin terasa dampaknya saat smartphone mengalami error. Biasanya dikarenakan update software atau sistem yang tidak berjalan lancar. Bisa juga karena kesalahan pengguna.

Baca juga:  Bersama Untan Membangun Negeri

Solusi Backup Data dengan Mudah

Meski kapasitas memori internal handphone makin ke sini semakin besar, kita tetap harus membiasakan diri untuk melakukan backup data secara berkala. Minimal mengamankan data-data penting yang sangat berharga untuk mengenang momen-momen tertentu atau penunjang pekerjaan.

Kamu bisa coba untuk menggunakan UBS OTG SanDisk untuk mempermudah proses backup data dari smartphone ke media penyimpanan lainnya. Jika dulu USB OTG hanya sekedar untuk transfer data, SanDisk berusaha melakukan lebih dengan teknologi yang mereka miliki. Ada berbagai ukuran kapasitas memori yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Jika kamu sudah memiliki UBS OTG SanDisk terbaru, kamu bisa memaksimalkan penggunaanya dengan menginstall SanDisk Memory Zone di smartphone. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Seperti mengatur backup data secara otomatis, melakukan backup foto atau video dan memindahkannya dengan lebih cepat ke komputer atau perangkat lain. Kamu juga bisa membackup data dari sosial media.

Belum punya USB OTG SanDisk? Kamu bisa dapatkan di Official Store SanDisk di Shopee.

 

Memiliki USB OTG SanDisk membuat kita bisa dengan sangat percaya diri untuk mengatakan #DibuangSayang pada file yang kita simpan di smartphone. Sebab sudah ada media penyimpanan berkapasitas besar yang siap menjadi ruang penyimpanan cadangan semua file tersebut. #SanDiskAPAC

2 Comments

  1. Kalau aku gara2 memori penuh mas, jadi butuh banget yg namanya backup berkala. Soalnya kalau smpai penuh gitu ngaruh banget, fotoku bisa hilang, ga bisa jepret foto baru lagi, mau update aplikasi aja ga bisa, apalagi jadi tambah luemooottt
    Tapi say bye bye saat punya USB OTG SanDisk, sebelum hpku penuh memorinya, udah langsung dibackup dg cepat dan mudah sama SanDisk Ultra Dual Drive 3.0 punyakku hehee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.